Tips Membangun Team yang Hebat

Salah satu aspek yang berperan penting dalam kesuksesan bisnis adalah kerja sama tim. Membentuk tim yang solid merupakan salah satu investasi dalam membangun pondasi perkembangan bisnis. Lalu bagaimana cara membangun team yang hebat?

Proses membangun team membutuhkan usaha yang besar dari leader. Terdapat banyak tantangan yang harus diatasi oleh seorang leader untuk menciptakan team yang hebat. Jika kamu tertarik pada bagaimana cara membangun tim yang efektif, kami memiliki beberapa tips bagi kamu:

  1. Pahami elemen yang membuat tim kamu hebat

Tim yang solid tidak terbentuk secara tiba-tiba. Dibutuhkan upaya dari semua individu di dalam tim tersebut, termasuk leader. Team yang hebat memiliki beberapa element ini:

  • Tujuan yang jelas. 

Setiap anggota team harus menyadari bahwa setiap pekerjaan atau aktivitas yang mereka lakukan merupakan bagian dari objektif yang lebih besar. Jika mereka tidak bisa melihat tujuan dari pekerjaan yang mereka lakukan, maka mereka tidak akan berusaha secara optimal untuk menyelesaikannya.

  • Peran yang jelas. 

Setiap orang dalam tim harus menyadari hierarki dan peran mereka dalam tim agar bisa bekerja secara efektif

Redline Event Organizer

  • Komunikasi yang baik. 

Komunikasi ini dapat berupa pertanyaan, ide, maupun permasalahan. Komunikasi di dalam tim sebisa mungkin harus dibuat lancar dan mudah. Salah satu hal yang dapat mendorong komunikasi yang lancar antar anggota tim adalah memperbanyak kegiatan bonding untuk mendorong anggota tim lebih mengenal satu sama lain

  • Kerjasama tim.

Kerjasama tim bukan mengenai pencapaian pribadi, namun apa yang tim tersebut dapat capai bersama.

  • Pengembangan individu dalam tim. 

Meskipun pencapaian kelompok merupakan hal yang penting, namun perkembangan masing-masing individu tetap tidak boleh dilupakan. Salah satu cara mengembangkan skill individu di dalam tim adalah melalui seminar atau workshop 

  1. Bangun leadership yang kuat

Hanya leader kuat yang mampu memiliki pengaruh bahkan ketika mereka tidak ada di sekitar timnya. Pengaruh itu berbentuk dorongan bagi timnya untuk bekerja secara efektif baik dalam aktivitas kelompok, maupun individu. Untuk mencapai tahap tersebut, bangun kepemimpinan dengan hubungan yang didasari kepercayaan dan kesetiaan, bukan strata atau posisi. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun leadership yang kuat dan efektif:

  • Segala keputusan harus transparan dan dituntun oleh visi yang jelas 
  • Delegasikan perkerjaan dan tanggung jawab secara efektif. Jangan melimpahkan pekerjaan kepada satu orang dan membebaskan anggota tim lain.
  • Komunikasikan tujuan tim secara jelas
  • Meskipun seorang leader membutuhkan otoritas, tetap tunjukkan sisi kemanusianmu ke anggota tim sehingga mereka lebih bersedia mengikuti arahanmu.
  1. Membangun koneksi di antara anggota team

Pemimpin harus terus menerus mengevaluasi cara anggota team bekerja sama. Leader yang baik menuntun teamnya untuk bekerja bersama secara efektif. Saat team semakin nyaman satu sama lain, efisiensi dan produktivitas mereka akan meningkat. Berikut ini beberapa cara untuk mendorong tim untuk lebih familiar satu sama lain:

  • Kegiatan team building. 

Banyak aktivitas yang dapat membantu anggota tim menumbuhkan rasa percaya satu sama lain. Kini sudah banyak tersedia jasa yang dapat membantu merencanakan kegiatan team building untuk mempererat hubungan antara anggota tim.

Redline Event Organizer

  • Tingkatkan kooperasi antara anggota tim. 

Mulai dari kegiatan outbound, makan bersama sepulang bekerja, atau makan siang bersama, dorong anggota team kamu untuk saling mengenal satu sama lain. Kamu juga dapat menanyakan hobi dan ketertarikan mereka sehingga hubungan interpersonal antar kamu dan anggota team semakin meningkat.

  1. Bangun koneksi antara anggota team

Sebagai seorang leader, kamu harus mengetahui setiap member secara personal. Masing-masing orang memiliki skill yang spesifik, ketertarikan, dan halangan yang berbeda-beda. Saat kamu mengetahui hal-hal ini, kamu bisa mencocokkan jenis pekerjaan yang ada dengan individu yang tepat.

  1. Berinvestasi dalam kegiatan team building

Kegiatan team building memperkuat relasi dan rasa komunitas di dalam team. Tipe kegiatan ini merupakan cara yang efektif untuk membangun komunikasi dan kolaborasi antara anggota team. Bila menggunakan pendekatan yang edukasional dan menarik, kegiatan tersebut dapat menciptakan pengalaman yang tidak dapat dilupakan.

Leonard Ang, CMO of Iproperty Management, membagikan pengalamannya soal kegiatan team building. Untuk membangun tim yang efektif dalam perusahaannya, beliau selalu menggelar kegiatan team building setidaknya 2 kali dalam setahun. Hal tersebut untuk membantu timnya mengenal satu sama lain di bidang yang tidak melibatkan pekerjaan. Mereka didorong untuk terjun dalam siatuasi yang dapat mempererat ikatan mereka dan membantu mereka melihat sisi lain koleganya. 

Beberapa aktivitas yang bisa dipertimbangkan dalam kegiatan team building:

  1. Monitor, Review, dan Feedback

Meskipun telah menjelaskan peran masing-masing anggota tim, penting bagi leader untuk tetap memonitor pekerjaan mereka. Mintalah laporan dan berikan feedback secara berkala sehingga kamu dapat mengevaluasi kontribusi dan kolaborasi, baik antar individu maupun kelompok, di dalam team. Perhatikan cara tim-mu bekerja dan ambil langkah khusus yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kerja sama mereka. Hal-hal sederhana tersebut dapat membangun lingkungan kerja yang lebih transparan dan mendorong tim terlibat secara pribadi untuk kemajuan perusahaan.

Selain itu, penting bagi leader untuk mengembangkan teknik evaluasi yang bisa kamu tanyakan ke diri sendiri saat membangun team yang hebat, seperti:

  • Apa hal yang telah dicapai team-mu hingga saat ini?
  • Apa yang telah mereka ubah?
  • Apa yang telah mereka pelajari?
  • Apa aspek yang telah berjalan dengan baik?
  • Apa aspek yang membutuhkan perbaikan?

Membangun tim yang hebat merupakan merupakan sesuatu yang tidak dapat dicapai secara instan karena diperlukan perhatian dan evaluasi secara konstan. Seorang leader harus memiliki pemahaman yang jelas mengenai perusahaan dan anggota timnya. Diharapkan beberapa tips di atas dapat membantu kamu membangun tim yang dapat membawa perusahaanmu menuju kesuksesan.  

Source: Stanley, B. (2020, Dec 22). Prosky. 7 Tips on How to Build Effective Teams. Retrieved from: https://talkingtalent.prosky.co/articles/7-tips-on-how-to-build-effective-teams

Organizing events since 2007